Perwakilan Para Kepala Desa, Pegiat Desa dan Akademisi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Desa Kawasan (FKDK) pada tanggal 5 November 2018 beraudensi dengan  Komisi I DPRD-Kabupaten Majalengka . Audensi tersebut di inisiasi dengan kesepahaman bersama Kepala Desa yang secara beriringan terbentuknya Forum Komunikasi Desa Kawasan (FKDK) Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil pertemuan tersebut banyak persoalan persolan yang dihadapi oleh Desa dalam mengelola program-program Desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan Evaluasi sehingga terwujudnya program dalam Pembangunan Desa beserta Masyarakat Desa.
Atas dasar hal tersebut, Forum Komunikasi Desa Kawasan berinisiatif melakukan pertemuan/audensi dengan Komisi I DPRD Kabupaten Majalengka agar setiap program pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, tidak lain untuk kemajuan Kabupaten Majalengka. Audensi yang membahas persoalan-persoalan Desa diantaranya Tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Kewenangan Lokal berskaladesa dan tentang kerjasama Desa.

Kewenangan Desa adalah hak Desa untuk mengatur, mengurus dan bertanggung jawab atas urusan pemerintahan desa.apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan  Potensi Desa merupakan segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang terdapat di desa, dimana semua sumber daya tersebut bisa dimanfaatkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.