Forum Komunikasi Desa Kawasan adalah sebuah forum yang beranggotakan tidak hanya Kepala Desa tapi dari seluruh lapisan masyarakat, pegiat desa, Akademisi dan para pakar, yang punya kepedulian terhadap kemajuan desa.

Tujuan Forum Komunikasi Desa Kawasan :

  • Menjalin silaturahmi untuk menambah inspirasi dan motivasi kita agar senantiasa membangun dan mempererat tali persaudaraan.
  • Mendorong prakarsa gerakan dan partisipasi masyarakat desa untuk pembangunan potensi dan aset desa guna kesejahteraan bersama.
  • Membentuk pemerintahan desa yang profesional, effisien dan efektif serta bertanggung jawab.
  • Meningkatkan pelayanan publik bagi warga mayarakat desa guna mempercepat perwujudan pelayanan umum.
  • Meningkatkan ketahanan sosial budaya masyarakat desa guna mewujudkan masyarakat desa yang mampu memelihara kesatuan  sosial sebagai bagian dari ketahanan nasional.
  • Memajukan perekonomian masyarakat desa serta mengatasi kesenjangan masyarakat.
  • Memperkuat masyarakat desa untuk dapat melestarikan adat tradisi dan budaya.

 

Kegiatan Forum Komunikasi Desa Kawasan

study banding ke Villa Bali di Desa Citaman bersama beberapa Kepala Desa untuk penjajakan kerjasama antar desa dalam bidang pariwisata

 

Meninjau lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Cimanintin kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang .Solidaritas merupakan suatu sikap yang dimiliki oleh manusia dalam kaitannya dengan ungkapan perasaan manusia atas rasa senasib dan sepenanggungan terhadap orang lain, Makna solidaritas dekat dengan makna rasa simpati dan empati karena didasarkan atas rasa kepedulian terhadap orang lain.

 

Belajar bersama dalam penyusunan RAB dan program-program Desa Untuk memberikan Data dan Informasi dalam rangka pembangunan berkelanjutan di tingkat Desa

 

Para Kepala Desa berdiskusi bersama Rektor dan Dekan Universitas Majalengka,  Kalangan Akademisi berperan memberikan pandangan dan analisis berdasarkan data di lapangan mengenai tingkat perkembangan dan juga formula yang tepat untuk kemajuan desa

 

Diskusi bersama proses pembelajaran unit-unit usaha desa di pasar desa sidamukti

 

Diskusi bersama Travis pemuda asal Oregon yang dikirim ke Indonesia dalam rangka Program Peace Corps program Relawan Peace Corps bekerja sebagai guru pendamping Bahasa Inggris di MA, MTs, SMK, SMA dan SMP

 

 

Momen inilah yang perlu kita abadikan sehingga persahabatan dan kekeluargaan akan terus terjaga dengan baik. Dan yang perlu di garis bawahi bahwa kita tidak akan bisa hidup tanpa orang lain. Pandanglah hari ini kemaren sudah menjadi mimpi,dan esok hari adalah sebuah visi, namun hari ini yang sungguh nyata yang menjadikan kemaren sebagai mimpi kebahagiaaan dan setiap hari esok sebagai visi harapan.