Menuju pos 1 dari basecamp pendakian gunung ciremai maja bisa menggunakan angkutan yg banyak tersebar diterminal maja

Perjalan dr basecamp / terminal maja kurang lebih 1jam

Pintu masuk pendakian gn.ciremai atau yg dikenal dg pos 1 berod,bisa langsung registrasi dg petugas,atau mau ngopi2 dan makan alakadarnya dan bisa skalian isi batre.

Ada sekitar 10 warung warga yg memang sengaja menyediakan untuk kebutuhan para pendaki.

Di pos 1 petugas akan membagikan kantong plastik agar para pendaki bisa membawa kembali sampah2 bekas makanannya selama dalam pendakian demi menjaga kelestarian dan kebersihan.

Kami berdelapan star dr pos 1 tepat pukul 15:00.cuaca saat itu sangat mendukung untuk memulai pendakian, dg pemandu dari teman2 komunitas kukurusuk dan ngetrip majalengka.

Dalam perjalanan menuju pos 2 tiba2 gerimis turun maka kami putuskan untuk memakai mantel agar kami dan rombongan bisa terus melanjutkan pendakian tanpa harus berbasah2an

Dari pos 2 menuju pos 3 medan lumayan agak berat bagi kami yg berbeda dg anak2 pemandu dr kukurusuk dan ngetrip yg terbiasa mendaki dg program mereka “beberesih gunung ciremai”

dg perjalanan yg begitu panjang akhirnya kami sampai di pos 3 tepat jam 19:00,dan langsung buka perbekalan yg kami bawa, dan menghangatkan badan dg secangkir kopi dan makanan ringan,untung wkt di maja mas pras dan mas dino herlambang belanja utk perbekalan, dari minuman macam sampai ke obat2an, jadi kami dan rombongan merasa tenang.

Setelah rehat di pos 3 kami dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju pos 4 dan informasi dr teman (baru kenal) yg sdh lama istirahat di pos 3,  katanya banyak rekan2 pendaki dari berbagai daerah, ada dosen dan mahasiswa/wi dr luar jawa ngecamp di pos 4,

Perjalanan dr pos 3 menuju pos 4 lumayan berat bagi kami, karena hrs menggunakan headlamp yg penerangannya terbatas.

Alhamdulillah tdk berapa lama kami dan rombongan sampai di pos 4 kami tidak bisa mengenali satu persatu karena keadaan yg begitu gelap sehingga kami hanya bisa bersahut2an, dan kamipun rehat sejenak di pos 4

Setelah rehat beberapa saat kami melanjutkan perjalanan menuju pos 5 yg mana di pos 5 lah kita bisa mendirikan tenda untuk istirahat/ngecamp dan membuka semua perbekalan.

Tepat jam 23:15 kami dan rombongan sampai di pos 5 dan langsung mendirikan tenda, kami dan rombongan langsung memasak air utk ngopi, untung anak2 ngetrip dan kukurusuk sudah terlatih utk memandu jadi kompor dan kebutuhan lainnya sdh tersedia.

Kira2 jam 01:30 kami dikejutkan oleh sekelompok rombongan babi hutan yg menghampiri tenda kami,ternyata babi hutan itu sedang  mencari sisa sisa makanan yg kami makan, dg rasa takut juga kami menunggu rombongan babi hutan menjauh dr tenda kami.

Tak terasa waktu telah menunjukan pukul 03:00 (jadi kami hanya istirahat 1jam) dan saatnya melanjutkan perjalan menuju puncak gunung ciremai yg berada diketinggian 3078

mdpl.

Tepat jam 03:00 kami pun mulai bergerak menuju puncak ciremai, selama perjalanan menuju puncak ciremai kami tdk melihat apa apa krn kondisi jalan yg gelap,akhirnya kami sampai di pos 6 atau yg dikenal dg goa walet

Disini kami bertemu dg para pencinta alam dari berbagai daerah, dan kami pun akhirnya bareng2 jalan menuju puncak ciremai

Tepat jam 05:30 kami pun sampai di puncak ciremai

Pemandangan yg begitu indah dari puncak ciremai, dan tdk lupa kami pun menyempatkan poto bersama dg rekan2 pendaki dari berbagai daerah.

kurang lebih 1jam kami berada di puncak akhirnya kami memutuskan untuk turun dari puncak karena kabut mulai menyelimuti,

Jam 09:00 kami sampai di pos 5 tempat dimana kami ngecam

setelah istirahat dan sarapan kami pun turun

Akhirnya kamipun sampai di pos 1 pintu masuk untuk pendakian gunung ciremai dg selamat.

Terima kasih utk pihak TNGC komunitas KUKURUSUK dan NGETRIP majalengka yg telah memandu kami dan rombongan.